Home » News » Growing for You, Budidaya Sayur Organik PT Horti Jaya Lestari

Growing for You, Budidaya Sayur Organik PT Horti Jaya Lestari

Budidaya Sayur Organik
pexels-quang-nguyen-vinh-2518893 (1)

Growing for You. Ingin mengkonsumsi sayuran segar tanpa khawatir akan penggunaan zat kimia berbahaya? Tentu bisa. Inilah yang dilakukan PT Horti Jaya Lestari. Perusahaan yang berkantor di Medan ini berusaha menyajikan produknya seaman mungkin bagi konsumennya dengan melakukan budidaya sayur secara organik.

Mengusung slogan Growing for You, PT Horti Jaya Lestari melakukan budidaya tanaman sayur di dataran tinggi Sumatera Utara yang kaya akan tanah pegunungan dan memiliki iklim yang memungkinkan budidaya dilakukan sepanjang tahun. Perusahaan ini berfokus untuk melakukan budidaya dengan penggunaan bahan kimia yang sedikit. Adapun tanaman sayuran yang dibudidayakan meliputi selada air, sawi, tomat, terung, wortel, dan beragam jenis tanaman lainnya.

PT Horti Jaya Lestari tidak hanya berfokus untuk melakukan budidaya tanaman saja, melainkan juga menyediakan bibit, pemanenan, pengolahan, hingga pengiriman ke konsumen juga dilakukan sendiri oleh perusahaan asal dataran tinggi Sumatera Utara ini.

Komitmen perusahaan untuk budidaya sayur secara organik nampaknya tidak main – main. Dilansir dari website resmi PT Horti Jaya Lestari www.hortijaya.com, hal itu dibuktikan dengan berhasilnya PT Horti Jaya Lestari dalam meraih sertifikat Prima Satu yang diterbitkan oleh OKKP. Sertifikat Prima Satu diberikan kepada pelaku usaha tani yang produknya telah terbukti aman dikonsumsi, memiliki kualitas yang baik, serta cara budidaya yang digunakan ramah terhadap lingkungan. Menariknya lagi untuk saat ini, PT Horti Jaya Lestari menjadi yang pertama dan satu – satunya perusahaan agribisnis yang memiliki sertifikat Prima Satu di Indonesia.

Tidak hanya sertifikat Prima Satu, PT Horti Jaya Lestari juga memiliki sertifikat HAACP(Hazard Analysis Critical Control Points). Bagi sebuah perusahaan, sertifikat HAACP ini merupakan jaminan keamanan perusahaan dari bahaya bahan – bahan yang dapat menyebabkan kontaminasi seperti bahan kimia, maupun mikroorganisme berbahaya.

PT Horti Jaya Lestari juga memberikan jaminan perlindungan tambahan terhadap konsumen dengan menerapakan prinsip traceability pada produknya, sehingga konsumen sendiri nanti bisa mengetahui darimana sayuran yang mereka makan. Hal ini tentu penting, terutama untuk kepentingan ekspor.

PT Horti Jaya Lestari telah berhasil memasarkan produknya hingga ke Singapura. Dilansir dari website Tempo, mengekspor sebanyak tiga kali dalam seminggu merupakan hal yang biasa terjadi di PT Horti Jaya Lestari. Jumlah yang diekspor sendiri tidak main – main, perusahaan mampu mengekspor sebanyak 18 ton untuk setiap kontainernya.