Home » News » Budidaya Tomat Ceri di Puri Tomato Farms

Budidaya Tomat Ceri di Puri Tomato Farms

Budidaya Tomat Ceri di Puri Tomato Farms
pexels-djaheda-richers-6576802

Sehat dan terjangkau. Siapapun pasti melirik jika ada produk pertanian dengan dua kriteria tersebut. Itulah misi yang diusung oleh Puri Tomato Farms, perusahaan yang berlokasi di Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali. Puri Tomato Farms memiliki misi untuk menyediakan berbagai macam sayuran sehat dengan harga terjangkau. Hal ini direalisasikan dengan budidaya tomat dan komoditas lain dilakukan dalam greenhouse

Greenhouse yang dimiliki oleh Puri Tomato Farms telah dilengkapi dengan sistem irigasi dan pemupukan otomatis. Penggunaan bahan kimia dalam pengusiran hamapun telah diganti dengan bahan – bahan yang ramah lingkungan. Penerapan langkah ini tidak sia – sia. Pada April 2021, Puri Tomato Farms memperoleh sertifikat Prima Tiga dari lembaga Otoritas Kompeten dan Keamanan Pangan(OKKP).

Meski namanya merujuk pada budidaya tomat, jangan salah, perusahan ini juga membudidayakan bermacam komoditas lain. Melansir dari situs resmi Puri Tomato Farms, perusahaan ini juga melakukan budidaya pada komoditas lain seperti cabai, sayuran, bahkan tanaman hias. Untuk tomat yang dibudidayakanpun bukan tomat biasa, melainkan tomat ceri. Tomat ceri yang dibudidayakan memiliki warna merah yang cerah, kuning oriental, dan bahkan hitam eksotis.

Lalu apa bedanya tomat biasa dengan tomat ceri? Perbedaan yang paling terlihat antara tomat biasa dengan tomat ceri tentu ada pada ukurannya. Tidak perlu repot – repot menggunakan alat ukur untuk membedakannya, dilihat sekilaspun pasti perbedaanya dapat terlihat.

Apakah ukurannya yang kecil lantas mengurangi manfaatnya? No. Fisik tidak menjadi hambatan bagi tomat ceri untuk bisa bermanfaat. Walau bertubuh kecil, tomat ceri memiliki manfaat yang besar seperti penangkal radikal bebas, mengatur tekanan darah, merawat kulit, serta mampu membantu menurunkan berat badan.

Cabai yang dibudidayakan oleh Puri Tomato Farms memiliki beberapa jenis. Seperti Ghost Chili, Habanero, Black Cobra, Cabai Setan, dan masih ada beberapa jenis cabai lainnya. Bagi anda yang menyukai makanan pedas tentu sudah tidak asing lagi dengan Cabai Setan dan mungkin sudah terbiasa dengan rasa pedas yang dihasilkan.

Namun ternyata rasa pedas dari Cabai Setan masih kalah jika dibandingkan dengan Ghost Chili. Jika diukur menggunakan satuan SHU(satuan yang digunakan untuk mengukur tingkat kepedasan suatu cabai), Ghost Chili mampu mencapai 1.000.000 SHU. Sedangkan Cabai Setan hanya mencapai 800.000.

Untuk komoditas lainnya, Puri Tomato Farms juga menyediakan sayur – sayuran seperti selada, bawang daun, dan purple bean. Tanaman herbal seperti mint, cilantro, dan oregano juga tersedia. Dan tidak ketinggalan tanaman hias seperti Anthurium, Philodendron, Begonia, dan masih banyak jenis tanaman hias lain juga tersedia